Minggu, 09 Februari 2014

Memodifikasi Yamaha Scorpio

Di era sekarang ini, tentunya kita (cowo muda) yang fresh dan penuh energik, yang hobi akan menunggangi kuda besi alias “motor”, baik itu motor bebek, sport, atau skuter sekalipun, masih menjadi andalan sehari – hari dalam pilihan pendamping hidup beraktifitas.

Selain enak dipakai itu motor, tentunya kita juga tidak kalah pentingnya untuk memikirkan tampilan dan kenyamanan motor. Betul?
Nah, pada tulisan ini saya akan memberi gambaran tentang bagaimana kita akan memodif motor. Langkah-langkahnya sebagai berikut :


1.Tentukan motor yang akan kita modif.(jenis motor bebek, skuter, atau sport) disini penulis memilih jenis motor sport Yamaha Scorpio.
2.Tempat / distro spare part yang lengkap.
3.Pastikan kita memiliki budget “Uang” untuk biaya pengerjaannya.
4.Relasi dan orang-orang yang akan mendukung dalam pengerjaan.
5.Pastikan mendapat restu dari orang tua “jika motor itu dibeliin sama ortu”.
6.Pastikan untuk mempunyai dana cadangan. Agar nanti jika defisit anggaran, kita sudah menyediakan –dananya.
7.Menyiapkan kendaraan lain (untuk pemakaian) guna mempercepat dalam pengerjaan modif. (Nganter –barang sana-sini).
8.Tempat bengkel, bubut, tukang jok, dan tukang cet, bila perlu tukang tambal ban.
9.Jangan pernah untuk terburu-buru ingin cepat selesai.
10.Selamat mencoba.

OK. Setelah kita memikirkan baik-baik dan mempersiapkan segala sesuatunya, kita ikhlaskan motor kita untuk dioprek / dibedah oleh sang Tuner Gila modift.
Next..

Langkah Awal.
Gambar dan desain terlebih dahulu motor yang kita inginkan nantinya. Hal ini sangat penting sekali, karena seorang “tuner gila” sekalipun akan melihat patokan

berdasarkan gambar yang kita buat, dan itu harus rinci, mulai dari rangka, sasis, shockbraker, tangki, knalpot, velg, dan jok. Itu semua didesain sedemikian hingga membentuk sebuah gambar / tampilan motor yang kita dambakan.

Langkah yang kedua.
Shooping spare part yang akan dipakai pada tunggangan kita. Yang dapat dibeli antara lain (limbah moge): Shock depan/belakang, velg belakang , velg depan, dan Satu set rem depan (master rem keluaran nissin, kanvas, dan piringan). Selain limbah moge, saya membeli cover buritan (kiri-kanan) dan spakbor depan model moge dengan bahan viber.

Langkah yang ketiga.
Buka semua komponen motor, mulai dari body, knalpot, lampu depan dan belakang, hingga jok belakang. Semua komponen yang dibuka / dicopot, ini berdasarkan gambar yang kita buat tadi, jika ingin merubah semua tampilan, saya sarankan agar semua komponen motor dilepas semua, kecuali mesin dan rangka.

Langkah yang keempat.
Sebelum kita memikirkan dan membayangkan body yang mantap dan keren, yang tidak kalah penting yaitu masalah kaki – kaki pada motor, mulai dari shock depan, roda, dan shock belakang. Jika masalah kaki-kaki sudah selesai, barulah kita melanjutkan ke masalah tampilan. Setuju!!

Next..
Perhitungan ukuran / space komponen dan jarak spare part yang kita beli tadi pada saat dipasang, agar nanti dalam pemasangannya biar “pass”. Jika semua sudah diukur menggunakan sigmat, (harus matang lho)..

Pengerjaannya antara lain:
1. Shock depan.
Karena shok depan yang kita pakai besar ukurannya, (diameter lubang shok), maka kita harus memperhatikan segitiga stang dalam pemasngan shock agar pas.
Bila perlu, kta bubut agar pas dan terpasang rapih.

2. Rangka.
Desain rangka adalah yang terpenting dalam memodif motor, karena jika salah kita mendesain rangka, perubahan lain yang kita lakukan akan sis-sia.
Maka dari itu kita harus cermat. Yang harus diperhatikan:

(1)Ukur tangki bensin yang nanti akan dipakai,

(2)Posisi duduk si pengendara,

(3)Penahanan berat beban motor,

(4)Getaran yang akan dihasilkan pada saat engine on dengan rpm tinggi,

(5)Jarak roda depan dengan mesin,

(6)Jarak roda belakang dengan sasis,

(7)Jenis shock belakng yang dipakai, saat ini saya ambil contoh, monoschock bawaan dari pabrikan.


3. Velg.
Komponen ini tidak akan mengalami perubahan yang signifikan, justru komponen lainlah yang akan berubah mengikuti ukuran velg, contohnya: dudukan master rem sepan dan belakang, gear belakang, dan sasis. Jadi velg hanya kita amplas, dan di cat ulang saja (Sesuaikan warna dengan body motor).

4. Tangki bensin.
Desain dan tentukan warna yang pas yang akan kita pakai nanti. Selain itu juga tentukan dudukan tutup bensin yang berada di atas, agar menarik, geser ke belakang jaraknya.

5. Sasis.
Jika kita akan menggunakan velg dan ban yang besar ukuran roda moge, maka kita perlu melakukan pemotongan dan penambahan sasis. jarak yang akan kita tambah yaitu 5 – 15 cm, karena velg dan ban yang akan kita pasang cukup besar.

6. Jok.
Desain dan buat piranti untuk dasar jok dari bahan besi kira-kira seukuran buku tulis yang kecil. Untukk jok belakangnya, dipotong beberapa cm saja. Kita tinggal bawa dasar jok tadi ke spesialis jok, tambahkan busa dan pilih jenis kulit jok yang akan kita pakai. Pastikan kerapihannya.

7. Cat.
Tentukan cat dan tinner yang berkualitas, pastikan waktu pengecatan pada siang hari agar cat yang kita semprotkan cepat kering. Gunakan kompreshor agar pengecatan lebih rapi dan bagus. Pada pengecatan bagian velg, lakukan pengecatan 2x agar velg tersebut warnanya tidak pudar.

8. Pemasangan.
Teliti dalam pemasangan, perhatikan seni tampilan. Pasang aksesoris pendukung lainnya seperti lampu depan dan belakang, spakbor belakang.

9. Finishing Touch komponen.
Pastikan komponen motor yang telah kita beli tadi, telah terpasang dan berfungsi. Pastikan baud dan mur terpasang kencang. Periksa kabel rem, oli rem, dan pastikan cat motor telah kering.


Langkah terakhir.

Coba kendarai motor terebut. Jika telah nyaman dan komponen motor kita berfungsi dengan baik, selesai lah sudah kita memodift motor. Jangan lupa jika menyimpan motor untuk menutup dengan kain penutup, agar tidak disikat MALING.

sumber: http://de2xjr.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar